Amar Ma'ruf Nahi Munkar - FKDI Indonesia

Sunday, August 7, 2016

Amar Ma'ruf Nahi Munkar


Banyak ayat yang berhubungan dengan amar ma'ruf nahi munkar
Menyeru kepada kebaikan merupakan kemuliaan

Bisa jadi, hidayah seseorang lewat kebaikan yang kita seru

Walaupun hanya sedikit dalam anggapan kita.
Misal memberikan salam. Terlihat sepele, tapi bisa memberikan kebaikan

Banyak yang harus kita tolong. Dakwah atau menyeru kebaikan adalah menolong seseorang. Terkadang kita juga ikut mendapat hidayah ketika kita berusaha menunjukkan kebaikan. "Amar ma'ruf". Kita jadi rajin dengan kebaikan yang kita seru

Tidak akan pernah sempurna jika menunggu kita sempurna dulu. Membantu orang menjauhi maksiat juga menolong. Banyak saudara kita yang masih terperosok pada maksiat. Jika orang bermaksiat, katakan padanya paling tidak, dalam hatinya membenci perbuatan itu !!. Sampaikan jika susah meninggalkan, paling tidak berjuang untuk mengurangi maksiat tersebut.

Usaha seorang pendakwah harus variasi

  1. Fleksibel,
  2. Tarik ulur,
  3. Bertahap,
  4. Ahlak yang baik sangat penting, 
  5. Tidak menganggap orang yang didakwahkan lebih buruk.
💦Amar ma'ruf nahi mungkar. Salah satu ajaran mulia dalam islam. Di tambah sabar,ilmu syariah jelas, ini bisa menjadi muslim yang seutuhnya.

❣ Ketika nahi mungkar jangan merasa kita lebih baik.

🌾🌷🌸💐🌹🌹💐🌸🌷🌾

*Tanya Jawab*

1 Assaalamualaikum wr wb. Maaf ustadz saya mau tanya... teman saya kan ada yang pacaran, dan teman saya itu merasa bahwa pacarnya bisa membuat dia ke jalan yang lebih baik .. tapo itu kan pacaran? Jadi walauun pacarannya merubah si perempuan menjadi lebih baik, tapi itu tetap saja maksiat, karena sering keluar berduaan saja. Yang saya tanyakan bagaimana saya menjelaskannya, supaya teman saya itu bisa mengerti maksud saya, dan bisa menayadari bahwa pacaran itu salah? Menjelaskan tanpa membuat dia tidak merasa tersinggung.. terimaksih

Buat yang pacaran dulu ya

Pertama kasih pemahaman lebih baik nikah jika kamu siap?
Pacaran setelah nikah itu nikmat dan berpahala

Apakah engkau mau kebaikan bercampur dengan keburukan?
Tentunya hal baik harus baik seluruhnya

❣ Terkadang bertahap juga jng sampai terkesan maksa. Gunakan logika baik dan buruknya

2 Tanya ya Ustadz. Bagaimana cara berdakwah pada orang tua sendiri, agar orang tua kita tidak tersinggung dan marah?

Buat yg orang tua.

  1. Sampaikan dulu maaf atau punten atau bapa yang saya hormati
  2. Sampaikan bahwa apa yang saya sampaikan ini adalah ajaran allah
  3. Jika bapa atau ibu tidak terima,saya sudah menyampaikan
  4. Atur kata kata yg tidak menyinggung


🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

No comments:

Post a Comment