KALIBER SEORANG PEMIMPIN - FKDI Indonesia

Tuesday, August 23, 2016

KALIBER SEORANG PEMIMPIN



*KALIBER SEORANG PEMIMPIN*

Seorang pemimpin dituntut untuk memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang ia pimpin. Dia merupakan mecusuar yang menjadi titik pencerahan bagi para pengikutnya.

Lalu bagiamana kaliber seorang pemimpin itu bisa dipupuk?

*Terdapat beberapa hal yag bisa membuat kaliber seorang pemimpin  bisa dipupuk, yaitu:*
1. Disiplin
2. Pengalaman
3. Kemauan
4. Keterpanggilan

*Disiplin*

Disiplin yang dilakukan oleh seorang pemimpin itu tidak hanya teori, tapi juga dengan keteladanan. Sehingga, para pengikut pun menjalankannya dengan penuh kesadaran. Memang, tidak segala sesuatu langsung diikuti secara sadar. Dalam prosesnya, disiplin yang pada awalnya dilakukan dengan terpaksa itu akan menjadi kebiasaan, hingga akhirnya dilaksanakan dengan segala kesadaran.

Mereka yang menjalankan disiplin dengan sungguh-sungguh akan menyadari manfaatnya, baik bagi diri pribadi maupun bagi masyarakat sekitarnya. Dengan demikian, satu sama lain akan saling menjaga agar disiplin dalam diri sendiri, keluarga dan masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Disiplin itu bukan sekadar kata-kata atau larangan-larangan tertulis yang hanya menghiasi papan-papan iklan atau sekadar memenuhi buku-buku peraturan, tapi disiplin merupakan peraturan yang benar-benar harus ditaati dan dilaksanakan segenap masyarakat tanpa terkecuali, baik peraturan itu tertulis maupun tidak.

Mulailah dengan bangun pagi, shalat subuh berjemaah, olah raga, shalat duha dan mengerjakan hal-hal yang baik dari sepagi mungkin. Karena rezeki datang pada orang-orang yang penuh displin. Kewibawaan akan diberikan pada orang-orang yang penuh disiplin.

*Pengalaman*

Ketika Anda akan bekerja apa yang pertama kali ditanyakan? Pengalaman bukan? Seorang pemimpin harus memiliki pengalaman yang mumpuni dalam menghadapi segala cobaan. Ada sebuah pepatah mengatakan, “Pengalaman adalah guru yang paling berharga.”

Maka semasih muda… banyak-banyaklah mencari pengalaman…
Semasih sehat… banyak-banyaklah mencari pengalaman
Semasih kosong… banyak-banyaklah mencari pengalaman

Karena tanpa kita sadari, pengalaman akan menuntun kita untuk bisa lebih matang dan penuh perhitungan dalam memutuskan segala sesuatu baik dalam hal pribadi, keluarga maupun pekerjaan kita di masyarakat.

*Kemauan*

Seseorang yang menginginkan dirinya menjadi orang yang kaya ilmu, kaya harta, kaya jasa sehongga dia menjadi orang yang benar-benar berguna bagi umat adalah orang yang memiliki kemauan. Disiplin tidak akan bisa dilakukan jika tanpa kemauan, begitu juga pengalaman tidak akan pernah didapat bila tanpa kemauan.

Maka… tumbuhkanlah kemauan dalam mencari hal-hal terbaik dalam hidup ini. Hidup cuma sekali maka hiduplah yang berarti. Kalau kita tidak mau hidup ya mati saja. Kalau kita tidak mau mati ya jangan hidup.

Dari sini dapat kita ambil hikmah, bahwa kemauan yang kuat dapat mendorong orang untuk bisa melakukan hal-hal yang sebelumnya tidak mungkin.

Bayangkan, jika Anda dikejar anjing besar dan galak… parit di depan mata akan diloncati, pagar yang tinggi akan dipanjat. Begitu pun apabila orang yang memang benar-benar memiliki kemauan, sesulit apa pun medan yang akan dia tempuh nantinya.. dia akan menghadapinya dengan tetap bertawakal kepada Allah Swt.

*Keterpanggilan*

Disiplin tidak bisa dilakukan, pengalaman tidak bisa didapat, begitu pun kemauan tidak akan pernah terpupuk apabila tidak ada keterpanggilan di dalam jiwa. Segala sesuatu itu dimulai dari keterpanggilan. Presiden Soekarno mengadakan Konfrensi Asia-Afrika (KAA) karena ada keterpanggilan untuk menuntuk kemerdekaan bagi negara-negara di Asia-Afrika.

Rasulullah saw., berdakwah karena ada keterpanggilan untuk memberikan peringatan bagi umat manusia. Seorang guru mengajar dengan sangat sungguh-sungguh karena adanya keteranggilan.

Keterpanggilan inilah yang akan menggerakan seseorang untuk melkukan segala sesuatu berdasarkan kesadaran dirinya sendiri. Sehingga dia bisa berdisiplin, kaya akan pengalaman dan memiliki kemauan yang tinggi.

*Keempat hal di atas merupakan sebuah tandapa kaliber seorang pemimpin yang harus selalu dipupuk pada diri kita*, supaya kita dapat menjadi umat terbaik yang dicintai Allah Swt.
Wallahu’alam bisshawab.

Hari/Tanggal : Senin, 23 Agustus 2014
Narasumber : Ustadz Dudy

No comments:

Post a Comment